Sistem Informasi Travel Haji dan Umrah

Main Article Content

Muhardi Muhardi Thabrani Rahim Heriadi Heriadi

Abstract

Ibadah haji dan umrah sudah menjadi cita-cita dan impian bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, jumlah jemaah haji dan umrah mengalami peningkatan pesat pada 5 tahun terakhir. Salah satu perusahaan penyelenggara travel haji dan umrah adalah Perusahaan Tunas Armindo Wisata. Berdasarkan observasi dan wawancara, masih terdapat beberapa permasalahan dalam penyempurnaan pelayanan jasa pariwisata religi diantaranya bagian pemasaran, bagian pendaftaran, penyimpanan arsip, dan sistem website. Metode pemasaran dan pendaftaran yang digunakan saat ini masih mengandalkan penyebaran brosur dan registrasi secara manual dalam buku register calon jemaah. Sedangkan untuk penyimpanan arsip masih menggunakan arsip manual dalam bentuk fisik berupa berkas fotocopy. Sistem website yang digunakan adalah wordpress sehingga sulit untuk melakukan penambahan modul yang kompleks dan tidak dapat mengikuti perkembangan teknologi informasi ke arah yang lebih modern. Kelemahan ini berimplikasi terhadap pelayanan yang diberikan kepada calon jemaah haji dan umrah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian untuk mengetahui variabel mandiri baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan antara variabel satu dengan variabel yang lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sistem informasi travel haji dan umrah dapat meningkatkan pelayanan kepada calon jemaah serta membuat pengelolaan data jemaah lebih teratur dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles