SISITI : Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti <p align="justify">Prosiding SISITI (Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi) ini merupakan prosiding berkala yang ditujukan untuk mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian, pengembangan dan studi pustaka di bidang Sistem dan Teknologi Informasi serta aplikasinya. Prosiding ini dipublikasikan dalam bentuk prosiding cetak dengan ISSN : 2354-6980 dan prosiding elektronik dengan ISSN : 2354-6999.<br><br>Prosiding ini terbit dua kali setahun setiap bulan Februari dan Juli setiap tahunnya.</p> en-US cucut@dipanegara.ac.id (Cucut Susanto) cucut@dipanegara.ac.id (Cucut Susanto) Sun, 25 Aug 2024 14:51:00 +0800 OJS 3.1.0.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Tanggung Jawab Para Pihak Dalam Perdagangan Secara Online https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1592 <p>Perdagangan elektronik memiliki karakteristik tersendiri yaitu perdagangan yang melintasi batas negara, media yang dipergunakan sebagai sarana transformasi data dan informasi adalah internet. Hubungan hukum yang timbul dalam suatu transaksi elektronik merupakan hubungan antara dua pihak atau lebih yang menimbulkan hak dan kewajiban bagipara pihak.Tanggung jawab para pihak telah ada baik sebelum disepakatinya perjanjian maupun setelahnya. Secara umum, masing-masing pihak bertanggung jawab untuk memberikan informasi yang benar kepada pihak lainnya, terutama terkait dengan produk yang ditawarkan. Tanggung jawab setelah perjanjiandisepakati adalah tanggung untuk memenuhi semua klausul sebagaimana yang termuat dalam perjanjian. Sengketa yang timbul dari suatu transaksi perdagangan melalui media elektronik dapat diselesaikan melalui dua cara yaitu secara litigasi melalui jalur pengadilan, dan penyelesaian melalui jalur alternative (<em>alternative dispute resolution</em>)</p> Abdul Rauf, Nasaruddin Nasaruddin, Annah Annah ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1592 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Analisis Kinerja Keuangan Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Dalam Bidang Keuangan PT Septi Nugraha Perkasa https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1593 <ol> <li>Septi Nugraha Perkasa sebuah perusahaan yang bergerak dalam lingkungan dunia bisnis, sekarang ini tidak akan dapat terlepas dari persaingan untuk tetap bertahan. Banyak perusahaan terpaksa jatuh bangun, bahkan ada yang menutup perusahaan ditengah ketatnya persaingan</li> </ol> <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja keuangan PT. Septi Nugraha Perkasa melalui analisis vertikal dan horizontal,untuk melihat kinerja keuangan perushaan dan dapat memberi masukan sebagai salah satu dasar pertimbangan pengambilan keputusan dibidang keuangan perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu laporan keuangan perusahaan berupa neraca dan laba rugi periode tahun 2019-2023, studi pustaka, informasi dari internet,serta wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja keuangan PT.Septi Nugraha Perkasa pada tahun 2019-2023 relatif baik, dari hasil analisis vertikal memperlihatkan keadaan neraca pada aktiva lancar setiap tahun mengalami kenaikan dari total aktiva perusahaan. Analisis ini juga menunjukan keuntungan dengan pendapatan yang selalu diatas 10%. Analisis horizontal pada laporan laba rugi menghasilkan perubahan pendapatan tiap tahunnya, ini memberikan informasi untuk memprediksi kapasitas perusahaan dalam menghasilkan laba. Hal ini harus diimbangi dengan kemampuan pihak manajemen perusahaan untuk mengendalikan beban biaya dan berhati-hati dalam membelanjakan kekayaan perusahaan serta dalam hal memilih proyek pengerjaan yang akan dikerjakan.</p> <p>&nbsp;</p> Akbar Bahtiar ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1593 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Model Prediksi Deret Waktu Menggunakan Deep Convolutional LSTM https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1594 <p>Prediksi deret waktu adalah tantangan penting dalam analisis data, dengan aplikasi luas di berbagai domain seperti keuangan, energi, dan ekonomi. Metode prediksi tradisional, seperti ARIMA dan SARIMA, sering kali kurang mampu menangkap kompleksitas data deret waktu yang bersifat nonlinier dan dinamis. Sebagai alternatif, metode deep learning seperti Long Short-Term Memory (LSTM) telah digunakan secara luas karena kemampuannya dalam menangani dependensi temporal jangka panjang. Namun, LSTM konvensional masih memiliki keterbatasan dalam menangkap fitur spasial dari data. Dalam penelitian ini, kami mengusulkan model Deep Convolutional LSTM yang mengintegrasikan kemampuan Convolutional Neural Networks (CNN) dalam menangkap fitur spasial dengan kekuatan LSTM dalam memahami pola temporal yang kompleks. Model ini dievaluasi menggunakan empat dataset populer yang mencakup berbagai domain, yaitu ETTh (Electricity Transformer Temperature, hourly), ETTm (Electricity Transformer Temperature, minute), Energy, dan Exchange Rate. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa model Deep Convolutional LSTM mampu memberikan prediksi yang lebih akurat dibandingkan dengan model LSTM murni dan CNN konvensional. Secara keseluruhan, model ini mencapai nilai rata-rata Mean Squared Error (MSE) sebesar 0.0036 dan Mean Absolute Error (MAE) sebesar 0.0488 di seluruh dataset. Kinerja ini menunjukkan bahwa model yang diusulkan tidak hanya efektif dalam menangkap pola temporal dan spasial secara simultan, tetapi juga lebih stabil dalam berbagai kondisi dataset yang berbeda. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan metode prediksi deret waktu yang lebih canggih dan akurat. Kami juga membahas keterbatasan dari pendekatan ini serta saran untuk penelitian lebih lanjut, termasuk pengujian pada berbagai jenis dataset tambahan dan penyempurnaan parameter model.</p> Arwansyah Arwansyah, Suryani Suryani, Hasryif SY Hasryif SY, Ahyuna Ahyuna, Usman Usman, Samsu Alam ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1594 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Perbandingan Ui/Uxepic Games & Steam Untuk Peluncur Game Berbasis Windows Berdasarkan Referensi Pengguna Menggunakan Metode Heuristic https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1595 <p><em>User Interface</em> (<em>UI</em>) <em>dan User Experience</em> (<em>UX</em>) merupakan salah satu dari perkembangan dari sebuah teknologi yang dapat digunakan sebagai sarana digital untuk menarik perhatian pengguna serta meningkatkan kenyamanan dan kemudahan pengguna saat menggunakan produk atau jasa tersebut. <em>UI</em> merupakan interaksi antara pengguna dan sistem melalui perintah seperti konten dan memasukkan data. Sedangkan <em>UX</em> adalah pengalaman pengguna dalam menggunakan sebuah sistem. Pada dasarnya mengenai masalah yang ada yaitu perbandingan <em>UI/UX</em><em>Epic Games</em>dan<em>Steam</em> telah didapatkan data bahwa perdebatan antara pengguna <em>Epic Games</em> dan <em>Steam</em> selalu menjadi bahan obrolan yang hangat di dalam forum diskusi. Ada beberapa pengguna yang menyebutkan diantaranya&nbsp; <em>UI/UX</em> Di <em>Steam</em> lebih nyaman dan lebih dimengerti dibandingkan dengan <em>Epic Games</em>, kemudian <em>Epic Games</em> sangat disukai oleh pengguna dikarenakan selalu ada game gratis setiap minggunya tidak seperti <em>Steam</em> hanya di beberapa musim itupun tidak pasti, dan masih banyak lagi. Perdebatan ini masih menjadikan tanda tanya sehingga penulis memikirkan membuat perbandingan dari kedua <em>platform</em> ini untuk menghasilkan data, manakah game laucher yang lebih baik dari segi <em>UI/UX</em> sekaligus data ini bisa dijadikan rekomendasi untuk para pengguna baru. Penelitian ini menggunakan metode <em>Heuristic</em> adalah prinsip umum atau aturan praktis yang digunakan untuk mengevaluasi efektivitas desain produk. Penelitian menghasilkan sebuahdata bahwa dari keduanya mendapatkan nilai atau <em>score </em>yang sangat signifikan jauh yaitu untuk <em>Epic Games</em> mendapatkan score 23.033 sedangkan <em>Steam</em> mendapatkan score 26.656. Maka dari penelitian ini dapat disimpulkan setelah melewati banyak proses mulai dari pengambilan suara atau pengisian kuesioner dari para responden pada forum <em>game </em>sampai ke analisis dan mendapatkan hasil akhirnya, bisa ditetapkan dalan panelitian ini peluncur <em>game</em> berbasis <em>windows</em> yang direkomendasikan adalah <em>Steam.</em></p> Ega Mulyana, Evi Dewi Sri Mulyani, Ruuhwan Ruuhwan ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1595 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Implementasi Framework Bootstrap Pada Website Penjualan Pada Toko Pakaian EK Ratu Gallery https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1596 <p>Teknologi sekarang sangat mempengaruhi bisnis perdagangan,contoh penerapannya ialah website penjualan. Dengan website penjualan, transaksi dapat dilakukan seacara online, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga. Toko EK Ratu Gallery sekarang belum memiliki website, sehingga transaksi dilakukan secara langsung di toko, sehingga menjadi ancaman karena bersaing dengan kemudahan yang diberikan teknologi ini. Dengan tujuan dari penelitian ini untuk mengimplementasikan website penjualan pada Toko EK Ratu Gallery, sehingga penjualan dilakukan secara online, dan memperluas pemasaran penjualan barang. Metode penelitian yang digunakan ialah Action Research. Prosedur yang dilakukan ialah, identifikasi kebutuhan, perancangan, pengimplementasian perancangan, uji coba, dan pembelajaran terhadap hasil yang didapat. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, dan observasi. Dalam perancangan website, peneliti menggunakan metode perancangan prototype. Website ini menggunakan PHP, CSS, JavaScript, XAMPP, MySQL dan Framework Bootstrap. Alat pemodelan menggunakan UML sepertiDHE, usecase, sequence, dan activity diagram. Hasil perancangan website penjualan yang dibuat berhasil menampilkan antarmuka yang interaktif dan mudah digunakan. Website yang dibuat dapat melakukan transaksi pembelian secara online, pengelolaan data barang dan pesanan, serta mencatat setiap transaksi yang dilakukan. Input dan output dari website diuji dengan pengujian white-box dan hasil pengujian mendapati website sudah berjalan dengan apa yang diharapkan.</p> Arik Triyanda Stiawan, Windy Agasia, Widyasari Widyasari ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1596 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Perancangan Sistem Informasi RealisasiAnggaran Dana Desa Pada Desa Baning Berbasis Website https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1597 <p>Tujuan penelitian adalah untuk mewujudkan trasnparasi dalam pengolahan realisasi anggaran dana desa dan dalam pembuatan Sistem Informasi Realisasi Anggaran Dana Desa Pada Desa Baning Berbasis Website ini untuk membantu staff desa dalam membuat laporan dan memberikan informasi kepada masyarakat, dan masyarakat dapat dengan mudah menerima informasi terkait anggaran dana. penelitian ini menggunakan bentuk penelitian studi kasus dengan menggunakan metode penelitian DSR (Design-Science Research), yang merupakan gabungan dari dua kata yaitu "Design Science" (Ilmu Design) dan "Research Methodology" (Metodologi Penelitian). Hasil dari penelitian ini adalah Masyarakat lebih mudah ketika ingin mengetahui informasi seputar Desa Baning baik itu tentang perencanaan maupun realisasi anggara dana desa dengan mengakses situs website, serta Website yang di buat untuk seorang admin atau staff desa sangat memudahkan untuk mempublikasikan informasi anggara dana desa, realisasi anggara dana desa dan menerima umpan balik dari masyarakat Desa Baning.</p> <p>&nbsp;</p> Fahmi Lutfi Hani, Amar P. Natasuwarna, Herry Surya Kasimo ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1597 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Penerapan Framework Laravelpada Website Informasi Danpelayanan Kantor Desa Keranji Mancal Kab. Landak https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1598 <p>Desa adalah unit terkecil pemerintahan yang secara hukum diakui oleh pemerintah Indonesia, salah satu tugas pemerintahan desa adalah memberikan pelayanan kepada penduduknya. Untuk memenuhi kebutuhan penduduk dengan layanan yang baik dan informasi yang dapat diakses oleh publik dibutuhkan penyebaran informasi yang cepat. Di Kantor Desa Keranji Mancal masih terdapat beberapa masalah terkait pelayanan dan penyebaran informasi, maka dari itu peneliti berupaya mencari solusi untuk meningkatkan pelayanan di Desa keranji Mancal. Penelitian ini bertujuan merancang aplikasi dengan menerapkan framework laravel pada website informasi dan pelayanan Kantor Desa Keranji Mancal Kab. Landak. Penelitian dengan judul Penerapan Framework Laravel Pada Website Informasi dan Pelayanan Pada Kantor Desa Keranji Mancal Kab. Landak. Menggunakan metode penelitian design research. Proses perancangan website dengan menerapkan framework laravel dan MySQL sebagai basis data. Teknik perancangan algoritma menggunakan flowchart. Metode perancangan perangkat lunak yang digunakan alam metode penelitian adalah metode prototype. Metode pengujian yang digunakan adalah metode black box testing. Hasil akhir dari penelitian ini adalah adanya sebuah perangkat lunak yang dapat memberi kemudahan pihak Kantor Desa dalam mengelola data penduduk, penyebaran informasi dan pelayanan kepada masyarakat Desa Keranji Mancal.</p> <p>Desa adalah unit terkecil pemerintahan yang secara hukum diakui oleh pemerintah Indonesia, salah satu tugas pemerintahan desa adalah memberikan pelayanan kepada penduduknya. Untuk memenuhi kebutuhan penduduk dengan layanan yang baik dan informasi yang dapat diakses oleh publik dibutuhkan penyebaran informasi yang cepat. Di Kantor Desa Keranji Mancal masih terdapat beberapa masalah terkait pelayanan dan penyebaran informasi, maka dari itu peneliti berupaya mencari solusi untuk meningkatkan pelayanan di Desa keranji Mancal. Penelitian ini bertujuan merancang aplikasi dengan menerapkan framework laravel pada website informasi dan pelayanan Kantor Desa Keranji Mancal Kab. Landak. Penelitian dengan judul Penerapan Framework Laravel Pada Website Informasi dan Pelayanan Pada Kantor Desa Keranji Mancal Kab. Landak. Menggunakan metode penelitian design research. Proses perancangan website dengan menerapkan framework laravel dan MySQL sebagai basis data. Teknik perancangan algoritma menggunakan flowchart. Metode perancangan perangkat lunak yang digunakan alam metode penelitian adalah metode prototype. Metode pengujian yang digunakan adalah metode black box testing. Hasil akhir dari penelitian ini adalah adanya sebuah perangkat lunak yang dapat memberi kemudahan pihak Kantor Desa dalam mengelola data penduduk, penyebaran informasi dan pelayanan kepada masyarakat Desa Keranji Mancal.</p> Gigih Oktavianus Chiko, Hasan Hasan, Saraswati Saraswati, Salmet Sugiarto ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1598 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Analisis Performa Website N-Imon Telkom Akses Menggunakan Gtmetrix https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1599 <p>Website N-Imon Telkom Akses merupakan website yang digunakan pada pekerja yang bekerja di Telkom Akses. Untuk mendapatkan kualitas website tersebut diperlukan performa website yang baik sehingga user dapat menggunakan secara optimal. Apabila terdapat masalah dari website tersebut maka dapat dilakukan pembaharuan secepatnya. Analisis pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa website dengan hasil analisis menggunakan GTMetrix yang didapatkan pada website N-Imon Telkom Akses yaitu dengan grade D dengan performance 61% dan Structure 59%.</p> A. Fitriani Nur Rahmi, Sitti Arni ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1599 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Perangkat Lunak Persediaan Barang Framework Codeigniter Pada Toko Kembang Api https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1600 <p>Toko Kembang Api Akwang&nbsp; merupakan bisnis yang bergerak di bidang Penjualan Kembang Api. Dalam proses pengelolaan persediaan barang Toko Kembang Api Akwang masih menerapkan Pengelolaan persediaan barang secara manual dengan cara memasukkan data barang kedalam buku secara manual. Dalam proses tersebut masih sering terjadi kesalahan seperti kekurangan dalam memasukkan data barang masuk ataupun data barang keluar. Bentuk penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan Metode penelitian yang digunakan menggunakan User Experience Research karena mudah untuk digunakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Teknik pengumpulan data Observasi dan Wawancara untuk mendapatkan data primer dan data sekunder pada penelitian ini. Metode perancangan perangkat lunak pada penelitian ini adalah menggunakan Metode Extreme Programming. Metode Extreme Programming merupakan metode perancangan perangkat lunak dari metode Agile Development Methods.Penulis menggunakan metode perancangan ini karena pengembangan perangkat lunak yang cenderung menggunakan pendekatan berorientasi objek dan sasaran. Hasil pada penelitian ini yaitu membuat suatu Perangkat Lunak persediaan barang pada Toko Kembang Api Akwang yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan persediaan barang dari data barang masuk dan data barang keluar, dan pengelolaan keuangan Toko Kembang Api Akwang.Perangkat Lunak Persediaan barang ini diharapkan dapat mempermudah admin Toko Kembang Api Akwang Pontianak dalam mempermudah pengelolaan persediaan barang.</p> Julius Julius, Rusmanto Lianto, Hendri Yanto, Kartika Sulastri ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1600 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Penerapan Collision Detection Pada Rancang Bangun Game Arcade “Crash Point” https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1601 <p>Game arcade sangat menarik untuk dikembangkan, ada kelebihan tersendiri dari game arcade&nbsp; dibandingkan dengan game bergenre lainnya, salah satu kelebihannya yaitu game arcade dapat di mainkan dengan mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah agar game dapat dijadikan sebuah media pembelajaran edukatif yang dapat menghibur dan juga menarik. Metode yang digunakan dalam pembuatan game Crash Point adalah Collision Detection.</p> <p>Hasil yang dicapai adalah sebuah media berupa game arcade yang bisa digunakan sebagai media pembelajara dalam mengubah cara belajar konvensional menjadi lebih asik dan menarik, sehingga dapat mengembangkan kreativitas, karena game arcade ini juga memiliki unsur, ketepatan, daya nalar dan tantangan.</p> <p>&nbsp;</p> Muhammad Togi Pratisto, Rendy Amy Saputra ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1601 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Analisis Evaluasi Kredit Titip Gadai Pada PT. Pengadaian Cabang Daya Makassar https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1602 <ol start="1990"> <li>Pegadaian merupakan salah-satunya perusahaan yang bergerak di bidang gadai saat ini. Badan usaha ini berbentuk Perusahaan Umum sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Peraturan Pemerintah Nomor 10 tahun 1990. Usaha PT. Pengadaian adalah terutama pada Pemberian Kredit gadai pada masyarakat dengan prosedur yang sederhana dan cepat, ditambah dengan usaha lain yang masih erat kaitannya dengan usaha gadai yaitu jasa taksiran, jasa titipan, jasa sertifikasi perhiasan, unit toko emas.</li> </ol> <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kredit macet perlu ditanggulangi secara serius agar fungsi intermediasi perusahaan dapat optimum kembali. Penanggulangan kredit macet juga akan berdampak positif bagi tingkat kecukupan modal, karena beban pencadangan modal menjadi lebih ringan. Jadi pembenahan kredit macet masih merupakan kunci restrukturisasi perusahaan. Dari uraian yang tertera pada latar belakang tersebut dapat dilihat dan ditarik suatu masalahnya yang menyebabkan adanya Resiko Pemberian Kredit : Masih terdapat nasabah yang tidak mampu memenuhi segala kewajibannya kepada perusahaan dan Masih ada dari pihak Pegadaian yang kurang melakukan evaluasi untuk melihat sejauh mana nasabah-nasabah yang tidak melakukan pelunasan kreditnya.</p> <p>Metode penelitian Dalam penelitian ini digunakan metode Deskriptif yaitu metode yang digunakan untuk mengetahui dan menggambarkan nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independent) secara sistematis, akurat dan faktual tentang fakta, sifat dan adat atau kebiasaan serta hubungan antara masalah yang diselidiki tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan antara varibel satu dengan yang lain.</p> Khadafi Khadafi ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1602 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Faktor yang Mempengaruhi Rasio Pinjaman Terhadap Simpanan Pada PT. Bank Tabungan Negara https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1603 <p>Marsa. 2024. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rasio Pinjaman terhadap Simpanan pada PT. Bank Tabungan Negara ( Persero ) Cabang Makassar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis Deskriptif yaitu menggambarkan secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi Rasio Pinjaman terhadap Simpanan yang terjadi pada masa sekarang atau yang sedang berlangsung sebagaimana mestinya pada PT. Bank Tabungan Negara ( Persero ) Cabang Makassar. Penelitian data dilakukan melalui penelitian kepustakaan ,penelitian lapangan ( Field Research ), Kemudian jenis data yang digunakan yaitu data Kualitatif dan Kuantitatif, Sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rasio Pinjaman terhadap Simpanan berpengaruh pada PT. Bank Tabungan Negara ( Persero ) Cabang Makassar.</p> <p><em>&nbsp;</em></p> Marsa Marsa ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1603 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Implementasi internet of things untuk Memonitoring kualitas udara di Perumahan dengan esp32 https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1604 <p>Game arcade sangat menarik untuk dikembangkan, ada kelebihan tersendiri dari game arcade&nbsp; dibandi Perumahan yang berada dilokasi dekat dengan sumber polusi udara seperti industri, lalu lintas transportasi, aktifitas rumah tangga, bisa jadi memiliki kualitas udara yang buruk.Perumahan Akasia Tallasa city merupakan salah satu perumahan di Makassar yang rentan terhadap pencemaran udara.Hal ini disebabkan oleh lokasinya yang berdekatan dengan industry dan pergudangan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuatlah Monitoring Kualitas Udara Menggunakan ESP32 untuk Mengetahui nilai akurasi dari rancang dan bangun sistem monitoring kualitas udara di Perumahan Akasia Tallasa City dan mengetahui informasi melalui hasil pengukuran kualitas udara diperumahan yang diterima berupa notifikasi yang dimana dilakukan beberapa teknik pengumpulan data seperti studi literatur dan observasi. Sistem ini memanfaatkan metode Black Box atau biasa disebut dengan alur logika yang merupakan salah satu metode pengujian perangkat lunak secara rinci.Didapatkan hasil dari penelitian ini yaitu rata-rata kualitas udara cendrung bernilai sedang.</p> Muh Fadhil Aqsha, Husain Husain, Arham Arifin, Muhammad Rizal, Imran Djafar, Akbar Bahtiar ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1604 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Analisis Pengaruh Strategi Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1605 <p>Toko Bumindo Jaya merupakan salah satu toko yang bergerak dibidang penjualan bahan bangunan, dimana dalam melaksanakan kegiatannya harus mampu menghadapi persaingan dengan toko bahan bangunan lainnya untuk memasarkan barang-barangnya kepada Masyarakat. Bauran Promosi adalah kombinasi strategi dari penjualan perseorangan (personal selling), periklanan, promosi penjualan, publisitas dan hubungan Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi bauran promosi terhadap peningkatan volume penjualan barang pada Toko Bumindo Jaya. Sampel pada penelitian ini adalah data total biaya promosi dan data total volume penjualan tahun 2018-2023 Toko Bumindo Jaya. Metode analisis yang digunakan yaitu uji F (serempak), uji T (parsial), analisis koefisien determinasi (R<sup>2</sup>), dan analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa strategi bauran promosi secara simultan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap volume penjualan dengan variabel periklanan (X<sub>1</sub>) yang merupakan variabel strategi dari bauran promosi yang paling dominan mempengaruhi volume penjualan.</p> Hasriani Hasriani, Hardi Hardi, Risnayanti Risnayanti, Irmawati Irmawati ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1605 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Faktor-faktor yang mempengaruhi Modal Kerja pada PT. Graha Sarana Duta di Makassar https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1606 <p>Uraian pada latar belakang menunjukkan bahwa ketidakefisienan dan ketidakefektifan perusahaan dalam mengelola modal kerjanya akan berdampak pada solvabilitas dan likuiditas perusahaan. olehnya itu perusahaan perlu mengetahui kontribusi masing-masing pos aktiva lancar dan pasiva lancar terhadap total modal kerja yang dimiliki perusahaan. Dengan demikian, masalah yang akan dijadikan sebagai pokok pembahasan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut :Faktor-faktor apa yang mempengaruhi Perputaran modal kerja pada PT. Graha Sarana Duta, Diantara masing-masing faktor tersebut, manakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap modal kerja PT. Graha Sarana Duta. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini pada dasarnya, adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap modal kerja PT. Graha Sarana Duta&nbsp; sehingga pihak perusahaan dapat mengoptimalkan sumber modal kerja pada faktor yang dominan. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah metode analisis kuantitatif berupa regresi linier berganda. Analisis Regresi Linier Berganda (Multiple Regression Analysis) digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh langsung variabel independen terhadap variabel dependen baik secara serentak atau bersama-sama maupun secara parsial. hasil penelitian pada bab terdahulu, selanjutnya dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut</p> <p>Faktor-faktor siklus perubahan kas, total aktiva dan tingkat pertumbuhan penjualan perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap modal kerja PT. Graha Sarana Duta&nbsp; di Makassar. Sedangkan secara parsial, faktor siklus perubahan kas (Cash Conversion Cycle) dan total aktiva (Total assets) berpengaruh positif dan signifikan terhadap modal kerja perusahaan. Sedangkan variabel pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap modal kerja perusahaan.Diantara masing-masing faktor tersebut, total aktiva yang paling dominan pengaruhnya terhadap modal kerja PT. Graha Sarana Duta . Temuan ini mengandung arti bahwa total aktiva yang merupakan representasi dari nilai perusahaan akan berpengaruh terhadap modal kerja perusahaan.</p> Nurdiana Nurdiana ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1606 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Perancangan Aplikasi Pengadaan Dan Penjualan Obat Pada Apotek Grestelina Makassar https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1607 <p>Apotek Rumah Sakit Grestelina adalah Apotek yang mengadakan dan mendistibusikan Obat yang sifatnya generic ataupun non gererik, dan telah memperoleh izin usaha&nbsp; dari Departemen Kesehatan. Apotek Rumah Sakit Grestelina adalah salah satu apotek yang bergerak dalam bidang usaha penjualan obat–obatan. Sejak berdirinya apotek tersebut&nbsp; telah banyak berpartisipasi dalam pengadaan obat–obatan, serta menyuplai obat–obatan ke toko obat yang&nbsp; terletak di Makassar maupun di daerah. Untuk mengatur tatalaksana penjualan di lingkungan Apotek Rumah Sakit Grestelina, selama ini, proses pengolahan data yang terjadi pada Apotek Rumah Sakit Grestelina masih menggunakan cara manual yaitu setiap barang yang masuk akan dicatat di bagian Penanggungjawab dan disahkan oleh Kepala Apotek, kemudian di setiap barang di tuliskan pada kartu stok yang telah tersedia dan di tempatkan di rak barang sesuai dengan abjad, kemudian setiap barang yang&nbsp; keluar akan dicatat kembali pada kartu stok barang, sesuai dengan jumlah barang yang di keluarkan dari gudang kemudian di kirim ke bagian penanggungjawab untuk di buatkan faktur penjualan dan disahkan, kemudian diserahkan ke bagian penjualan untuk mengantarkan barang&nbsp; ke toko obat yang membutuhkan ataupun para pasien yang membutuhkan penanganan medis dasar mapun lanjutan yang telah memesan barang atau ke bagian penjualan. &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Berdasarkan permasalahan tersebut, maka akan di rancang aplikasi Pengandaan dan Penjualan Obat yang memungkinkan pengolahan administrasi dapat dilakukan dengan metode komputerisasi. Proses perancangan aplikasi di mulai dengan menganalisa sistem, Perancangan sistem, implementasi sistem dan pengoprasian sistem.</p> Nurdiansah Nurdiansah, Mudarsep Mudarsep, Cucut Susanto ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1607 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Sistem Informasi Travel Haji dan Umrah https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1608 <p>Ibadah haji dan umrah sudah menjadi cita-cita dan impian bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, jumlah jemaah haji dan umrah mengalami peningkatan pesat pada 5 tahun terakhir. Salah satu perusahaan penyelenggara travel haji dan umrah adalah Perusahaan Tunas Armindo Wisata. Berdasarkan observasi dan wawancara, masih terdapat beberapa permasalahan dalam penyempurnaan pelayanan jasa pariwisata religi diantaranya bagian pemasaran, bagian pendaftaran, penyimpanan arsip, dan sistem <em>website.</em> Metode pemasaran dan pendaftaran yang digunakan saat ini masih mengandalkan penyebaran brosur dan registrasi secara manual dalam buku register calon jemaah. Sedangkan untuk penyimpanan arsip masih menggunakan arsip manual dalam bentuk fisik berupa berkas <em>fotocopy</em>. Sistem <em>website</em> yang digunakan adalah <em>wordpress</em> sehingga sulit untuk melakukan penambahan modul yang kompleks dan tidak dapat mengikuti perkembangan teknologi informasi ke arah yang lebih modern. Kelemahan ini berimplikasi terhadap pelayanan yang diberikan kepada calon jemaah haji dan umrah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian untuk mengetahui variabel mandiri baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan antara variabel satu dengan variabel yang lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sistem informasi travel haji dan umrah dapat meningkatkan pelayanan kepada calon jemaah serta membuat pengelolaan data jemaah lebih teratur dan efisien.</p> Muhardi Muhardi, Thabrani Rahim, Heriadi Heriadi ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1608 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Berbasis Desktop Pada Toko SRC Arta Watampone https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1609 <p>Penjualan adalah proses menjual barang atau jasa kepada pelanggan atau konsumen. Penjualan biasanya melibatkan tawaran barang dan pembayaran oleh pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu toko SRC dalam mengelola proses penjualan barang dengan lebih efisien.&nbsp; Perancangan sistem ini menggunakan metode Waterfall, yaitu metode yang menggunakan pendekatan linier dan terstruktur dalam proses pengembangan sistem. Pada metode Waterfall, proses pengembangan sistem dilakukan secara berurutan, dimulai dari tahap analisis kebutuhan hingga tahap pemeliharaan sistem. Setiap tahap harus selesai terlebih dahulu sebelum melakukan tahap berikutnya. Hal ini membuat proses pengembangan sistem menjadi lebih terstruktur dan terprediksi. Sistem ini juga akan memudahkan toko SRC dalam mengelola data pelanggan, mengelola stok barang, dan mengelola pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan. Dengan demikian, Sistem Informasi Penjualan yang dibangun dengan menggunakan metode Waterfall akan menjadi solusi yang tepat untuk mempermudah proses penjualan yang dilakukan.</p> Andi Asvin Mahersatillah Suradi, Muhammad Rizal, Sriwahyuningsih Piu ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1609 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Identifikasi Potensi Topik Penelitian Baru: Analisis Judul Skripsi Teknik Informatika (2022-2024) menggunakan Latent Dirichlet Allocation (LDA) https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1610 <p>Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi potensi topik penelitian baru di bidang Teknik Informatika dengan menggunakan teknik pemrosesan bahasa alami. Analisis dilakukan terhadap judul skripsi yang dihasilkan dari tahun 2022 hingga 2024. Metode Latent Dirichlet Allocation (LDA) diterapkan untuk mengidentifikasi tema-tema latendalam judul skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini menghasilkan 13 topik yang relevan dengan perkembangan terkini di bidang Teknik Informatika diantaranyadata mining, machine learning, sistem berbasis web, android, analisis sentimen, IoT dll. Nilai koherensi yang diperoleh adalah 0.3. Selain itu, penelitian ini juga berhasil mengidentifikasi beberapa topik penelitian baru yang belum banyak diteliti sebelumnya, seperti interseksi antara potensi wisata dengan AI untuk personalisasi rekomendasi, Pengembangan sistem rekomendasi mata kuliah berbasis AI yang mempertimbangkan minat, kemampuan, dan tujuan karier mahasiswa, dll. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan berharga bagi akademisi dan praktisi dalam mengarahkan arah penelitian di masa mendatang, serta membantu institusi pendidikan dalam merancang kurikulum yang relevan dan adaptif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan industri.&nbsp;</p> Angdy Erna, Abdul Kadir Jailani ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1610 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Perancangan Aplikasi Pelayanan Jasa Service Komputer Berbasis Mobile Pada Serpis Komputer Makassar https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1611 <p>Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pelayanan jasa. Perancangan aplikasi pelayanan jasa service komputer berbasis mobile ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi berbasis mobile yang menyediakan alternatif bagi pelanggan untuk mengakses informasi tanpa perlu mengunjungi toko Serpis Komputer, serta membantu meningkatkan layanan jasa Serpis Komputer.Fitur utama yang ditawarkan meliputi pemesanan layanan, tracking status perbaikan, komunikasi langsung dengan teknisi, serta sistem penilaian dan ulasan. Metode pengujian yang digunakan adalah metode black box, dengan bahasa pemrograman Java Development Kit (JDK), Software Development Kit (SDK), dan Hypertext Preprocessor (PHP). Admin database menggunakan MySQL, sedangkan user database menggunakan SQLite.Hasil dari perancangan ini menunjukkan bahwa aplikasi mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna dalam mengakses layanan service komputer, serta meningkatkan kepuasan pelanggan melalui transparansi proses dan kualitas layanan yang lebih baik.</p> Khaerunnisa Hanapi, Sitti Harlina, Rudy Donny Liklikwatil, Abdul Ibrahim ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1611 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Implementasi Algoritma Support Vector Machine (SVM) pada Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Web https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1612 <p>Dalam era digital saat ini, pengaduan masyarakat berbasis web telah menjadi salah satu sarana efektif untuk mengumpulkan masukan dari masyarakat. Namun, jumlah pengaduan yang besar seringkali menyulitkan pihak berwenang untuk mengklasifikasikan dan menangani setiap pengaduan dengan cepat dan tepat. Oleh karena itu, penelitian ini mengajukan penggunaan algoritma Support Vector Machine (SVM) untuk mengklasifikasikan kategori pengaduan masyarakat yang diterima melalui platform berbasis web. Algoritma SVM dipilih karena kemampuannya yang handal dalam klasifikasi data teks. Dalam penelitian ini, kami menganalisis data pengaduan masyarakat berbasis web untuk memahami distribusi kategori pengaduan yang paling sering muncul. Berdasarkan analisis, kategori "Lingkungan" dan "Keamanan" muncul paling sering dengan frekuensi masing-masing sebanyak 7 kali, sementara kategori "Infrastruktur" muncul 6 kali. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat lebih banyak mengadukan masalah terkait lingkungan dan keamanan dibandingkan infrastruktur. Analisis ini memberikan wawasan penting dalam memahami distribusi fokus pengujian atau masalah yang dihadapi, sehingga dapat membantu pihak berwenang untuk mengarahkan sumber daya dan upaya perbaikan ke area yang paling membutuhkan perhatian. Dengan memahami pola pengaduan ini, diharapkan respons terhadap pengaduan masyarakat dapat menjadi lebih efisien dan efektif, serta meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik.</p> Sunardi Sunardi, Nasaruddin Nasaruddin, Rahmat Rahmat ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1612 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Aplikasi Layanan Jasa Titip Berbasis Web https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1613 <p>Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangunaplikasi layanan jasa titip (jastip) berbasis Web yang memfasilitasi pembelian tiket konser musik, pertandingan olahraga, dan event-event lainnya. Sistem ini diharapkan mampu mengatasi berbagai kendala yang sering dihadapi pengguna dalam pembelian tiket secara konvensional, seperti antrian panjang, keterbatasan waktu, dan kesulitan dalam mengakses berbagai jenis tiket dari satu platform. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem informasi SDLC&nbsp; dan pemodelan UML untuk memastikan bahwa sistem dirancang secara terstruktur dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Framework Bootstrap digunakan untuk membangun tampilan website yang responsif dan mudah diakses melalui berbagai perangkat.Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem informasi ini dapat mengurangi biaya operasional, meningkatkan efisiensi proses pemesanan tiket, dan meningkatkan kepuasan pengguna. Pengguna dapat mencari dan memesan tiket secara online, melacak status pesanan secara real-time, dan melakukan pembayaran melalui berbagai metode yang tersedia.</p> Nur Salman Nur Salman, ST. Aminah Dinayati Ghani, Abdul Ibrahim ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1613 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Perancangan Aplikasi Purchase Order Berbasis Android Pada PT. Hasilindo Utama Investama https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1614 <ol> <li>Hasilindo Utama Investama merupakan salah satu perseroan terbatas di daerah Dusun Katteong, Desa Samaenre, Kec.Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan yang bergerak di bidang pertambangan, dimana tujuan usahanya adalah pengelolaan batu split dan pasir cuci. Namun dalam hal penerimaan pesanan masih menggunakan sistem manual yaitu dilakukan dengan cara ditulis tangan. Berdasarkan masalah tersebut maka dirancang suatu aplikasi purchase order berbasis android yang menggunakan teknik analisis kuantitatif atau perhitungan perbandingan waktu pencatatan manual dengan menggunakan aplikasi purchase order berbasis android. Hasil dari perancangan aplikasi purchase order berbasis android pada PT. Hasilindo Utama Investama dan telah dilakukannya perbandingan waktu pencatatan non aplikasi dengan aplikasi yang telah dirancang, waktu pencatatan purchase order non aplikasi 11 menit 14 detik dan waktu pencatatan purchase order menggunakan aplikasi yang telah di rancang 2 menit 29 detik, maka kesimpulan yang dapat di ambil dari perancangan aplikasi purchase order berbasis android pada PT. Hasilindo Utama Investama dikatakan berhasil.</li> </ol> Magfirah Magfirah ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1614 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Pengukuran Tingkat Kepuasan Layanan Dan Harga Pada Produk E-Commerce Alfagift https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1615 <p>Persaingan antar sesama bisnis ritel, membuat Alfamart meluncurkan produk unggulan untuk melayani masyarakat pelanggannya dengan nama produk Alfagift. Bentuk layanan Alfagift diharapkan dapat meningkatkan mutu layanan dan untuk meningkatkan kedatangan pelanggan pada semua gerai Alfagift. Dengan menggunakan produk Alfagift ini, para pelanggan Alfamart dapat memperoleh kemudahan dalam pemesanan, pembayaran, dan mereka juga dapat menghemat waktu mereka karena pesanan mereka akan diantarkan langsung ke tempat pelanggan dalam waktu kurang dari 1 jam. Sementara harga yang diberikan dari penggunaan Alfagift sangat menguntungkan bagi pelanggan. Dimana pelanggan mendapatkan keuntungan berupa voucher, poin, dan promo menarik dari setiap pembelian produk dengan menggunakan Alfagift. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pengguna E-Commerce Alfagift di kalangan mahasiswa Universitas Klabat. Pengumpulan data penelitian dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa pengguna E-commerce Alfagift. Metode yang digunakan adalah metode Multiple Linear Regression melalui pendekatan secara deskriptif dengan variabel independen Layanan (X1) dan Harga (X2), serta variabel dependen E-Commerce Alfagift (Y). Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Layanan dan Harga berpengaruh secara signifikan sebesar 62,5% terhadap variabel E-Commerce Alfagift, dan 37,5% faktor lain yang mempengaruhi minat beli konsumen yang tidak diteliti.</p> Reynoldus Andrias Sahulata ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1615 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Analisis Sentimen Berbasis Aspek Pada Ulasan Aplikasi RuangGuru Menggunakan Support Vector Machine dan Naive Bayes Classifier https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1616 <p>Analisis sentimen berbasis aspek bertujuan untuk mengidentifikasi polaritas sentimen pengguna dengan tetap memperhatikan aspek-aspek yang dibahas, sehingga semua informasi dalam ulasan dapat tercakup. Dalam penelitian ini, melakukan dua pengklasifikasian secara sekuensial, yaitu melakukan klasifikasi aspek selanjutnya melakukan klasifikasi sentimen berdasarkan aspek yang telah ditentukan. Penelitian ini mengevaluasi kinerja algoritma Support Vector Machine (SVM) dan Naïve Bayes Classifier (NBC) serta kombinasi keduanya dalam pendekatan sekuensial. Berdasarkan hasil percobaan menggunakan 1865 data ulasan yang terdiri dari 3 aspek, kombinasi SVM-SVM menunjukkan performa terbaik dengan rata-rata akurasi untuk ketiga aspek adalah 83% bahkan untuk aspek pembelajaran dapat mencapai 92%.</p> Yoga Asmara, Muhammad Rudyanto Arief, Kusrini Kusrini ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1616 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Sistem informasi reservasi bimbingan Konseling universitas Dipa Makassar Menggunakan metode Sequantial search https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1617 <p>Bimbingan konseling merupakan salah satu aspek penting dalam mendukung perkembangan mahasiswa di era pendidikan saat ini. Bimbingan konseling bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam memahami lingkungan mereka, mengatasi kesulitan, dan merencanakan masa depan. Di perguruan tinggi Universitas Dipa Makassar memiliki program bimbingan konseling yang masih menggunakan metode konvensional atau melakukan secara manual seperti halnya pengisian formulir, serta pencatatan data hasil mahasiswa bimbingan konseling, hal ini tentunya mengakibatkan kurangnya kapasitas penyimpanan data dan waktu yang diperlukan untuk mengakses dokumen. Sehinggga dalam penelitian ini penulis merancang dan membangun sebuah sistem informasi atau aplikasi website yang dapat dimanfaatkan langsung oleh pihak konselor kampus untuk mempermudah dalam mengelola data serta meningkatkan efisiensi pelayanan bimbingan konseling. Metode Sequantial search merupakan metode yang digunakan dalam mencari data sesuai dengan kata kunci yang dicari sehingga dapat mempermudah proses pencarian data. Hal tersebut tentunya efektif diimplementasikan pada sistem informasi reservasi bimbingan konseling agar mempermudah dalam pencarian dan pengelolaan data bimbingan konseling. Dalam metode pengujian aplikasi yang digunakan yaitu Pengujian Black Box, ini dilakukan untuk mendeteksi secara menyeluruh fungsionalitas akan aplikasi yang dirancang dengan hasil yang didapatkan bahwa semua fungsi dari sistem, button, pengolahan data pencarian berjalan dengan baik tanpa error.</p> Madyana Patasik, Novita Sambo Layuk, Baharuddin Rahman ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1617 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Algoritma DecisionTree untuk Analisis Sentimen Terhadap Undang-Undang Cipta Kerja pada Media Sosial Twitter https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1618 <p>Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja adalah Undang-Undang di Indonesia yang telah disahkan dengan tujuan untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan investasi asing dalam negeri dengan mengurangi persyaratan peraturan untuk izin usaha dan pembebasan lahan. Pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja menjadi topik pembicaraan masyarakat yang dianggap lebih menguntungkan masyarakat menengah ke atas dibandingkan masyarakat menengah ke bawah. twitter telah menjadi platform yang digunakan oleh masyarakat untuk berbagi pandangan terkait sentiment mereka terhadap kelemahan Undang-Undang Cipta Kerja. Decision Tree adalah metode yang digunakan untuk menganalisis sentiment dengan mengklasifikasikan tweet kedalam kelompok sentiment positif dan negative, yang terkait dengan kelemahan Undang-Undang Cipta Kerja pada media social twitter, sehingga dapat diperoleh hasil persentase mengenai sentiment mana yang paling banyak mendapat komentar yang berbunyi positif maupun negative. Dan diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pemerintah maupun penyelenggara kepentingan lainnya dalam memahami isu-isu yang menjadi perhatian public sehingga dapat membantu merumuskan kebijakan yang responsive terhadap kekhawatiran dan kepentingan masyarakat yang lebih baik.</p> Suci Rahma Dani Rachman, Sri Wahyuni, Nurlindasari Tamsir ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1618 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Pengujian Kelemahan Keamanan Aplikasi Web Menggunakan Peretasan Etis https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1619 <p>Di era digital, segalanya menjadi terhubung melalui jaringan, sehingga ketika berbagai layanan disediakan oleh aplikasi web, orang menjadi rentan terhadap peretasan. Menurut laporan ancaman keamanan 2019 dari Symantec, rata-rata 4.800 situs web rentan terhadap pencurian informasi digital. Makalah ini bertujuan untuk mengidentifikasi celah dan kelemahan dalam jaringan serta aplikasi web menggunakan pengujian penetrasi guna melindungi institusi dari ancaman siber. Banyak metode pemindaian yang disarankan oleh berbagai penulis untuk mengidentifikasi kelemahan. Namun, dalam penelitian ini, analisis dan penilaian kerentanan dilakukan menggunakan alat Nikto, Zed Attack Proxy (ZAP) dari OWASP, Netcraft, Sparta, dan Network Mapper (NMAP), yang diuji melalui platform Kali Linux dan mesin pencari. Alat ZAP dan Nikto diuji pada sepuluh domain berbeda untuk mengidentifikasi kelemahan keamanan. Hasil analisis menunjukkan bahwa alat ZAP menemukan serangan tingkat rendah. Dari hasil perbandingan antara alat Nikto dan ZAP, Nikto mengidentifikasi lebih banyak kelemahan dibandingkan ZAP.</p> <p><em>&nbsp;</em></p> Nurdin Nurdin, Salman Salman, Marsellus O Kadang ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1619 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Analisis Promosi dan Outlet Penjualan Terhadap Peningkatan Pendapatan Kartu Perdana https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1620 <p>Dalam penelitian ini, peneliti berfokus pada pengaruh promosi dan outlet penjualan terhadap peningkatan pendapatan pada PT. XL Mitra Abadi Utama di Kota Makassar. Pentingnya promosi dan outlet penjualan memberikan pengaruh terhadap peningkatan pendapatan kartu perdana pada PT. XL Mitra Abadi Utama di dalam memenangkan persaingan yang bertumpu kepada kegiatan pemasaran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi keperpustakaan. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas yaitu promosi dan outlet penjualan, sedangkan variabel terikat yaitu peningkatan pendapatan. Untuk menganalisis data, digunakan metode analisis secara deskriptif dan Metode analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian sesuai dengan temuan dan aplikasinya, Secara simultan promosi penjualan dan outlet penjualan berpengaruh terhadap pendapatan pada PT. XL Mitra Abadi Utama Makassar. Secara parsial promosi penjualan yang dominan berpengaruh terhadap pendapatan pada PT. XL Mitra Abadi Utama Makassar</p> Ina Yulianadewi, Fachriyathul Jannah ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1620 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800 Memperkenalakan Tradisi Unik Suku Tana Toraja Melalui Media Website https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1621 <p>Indonesia&nbsp; terdiri&nbsp; dari&nbsp; banyak&nbsp; suku &nbsp;yang&nbsp; memiliki&nbsp; keanekaragaman&nbsp; seni&nbsp; budaya&nbsp; maupun tradisi. Warisan&nbsp;&nbsp; budaya&nbsp;&nbsp; dan&nbsp;&nbsp; tradisi&nbsp;&nbsp; ini&nbsp;&nbsp; perlu&nbsp;&nbsp; dijaga&nbsp;&nbsp; dan&nbsp;&nbsp; dilestarikan.&nbsp; Suku Tana Toraja merupakan salah satu suku yang terdapat di daerah Sulawesi Selatan. Suku&nbsp; Tana Toraja memiliki &nbsp;tradisi&nbsp; yang&nbsp; kuat dan unik dalam&nbsp; kehidupan&nbsp; masyarakat Tana Toraja. Tradisi unik yang&nbsp; terdapat&nbsp; di&nbsp; suku&nbsp; Tana Toraja&nbsp; merupakan&nbsp; bagian&nbsp; dari&nbsp; identitas&nbsp;&nbsp;&nbsp; masyarakat&nbsp; Tana Toraja yang dapat terlihat khususnya pada upacara atau perayaan adat, yang meliputi upacara penguburan dan upacara pernikahan serta upacara adat lainnya. Selain itu juga terdapat bentuk ukiran khas Tana Toraja serta kesenian khas daerah ini. Semakin berkembangnya&nbsp; budaya&nbsp; modern&nbsp; berpengaruh&nbsp; terhadap&nbsp; budaya&nbsp; tradisional&nbsp; yang&nbsp; hampir punah. Tana Toraja sebagai salah satu daerah yang mempunyai tradisi yang unik di Indonesia, seiring berjalannya waktu tradisi ini mulai dilupakan masyarakat, terutama kalangan muda. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk memperkenalkan tradisi unik suku Tana Toraja kepada&nbsp; masyarakat&nbsp; khususnya&nbsp; yang&nbsp; tinggal&nbsp; di&nbsp; kota-kota&nbsp; besar&nbsp; untuk mengenal&nbsp; kebudayaan&nbsp; di&nbsp; tengah&nbsp; persaingan&nbsp; dengan&nbsp; budaya&nbsp; modern&nbsp; melalui&nbsp; media informasi&nbsp; yang&nbsp; tepat&nbsp; dan&nbsp; menarik.&nbsp; Media yang dibuat dalam penelitian ini adalah melalui media website dengan menggunakan PHP dan Mysql untuk penyimpanan basis datanya.&nbsp; Adapun hasil akhir yang diperoleh dalam penelitian ini secara umum dapat berfungsi dan berjalan dengan baik. User dapat memperoleh informasi mengenai tradisi unik Tana Toraja berupa ukiran, upacara adat dan kesenian daerah Tana Toraja.</p> Michael Oktavianus, Erny Marlina, Amirah Amirah, Salman Salman, Marsellus O. Kadang ##submission.copyrightStatement## https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1621 Sun, 25 Aug 2024 00:00:00 +0800