Implementasi Metode Apriori Dalam Menentukan Tren Pembelian Perlengkapan Bayi Pada Haritsa Babyshop

Authors

  • Miftahul Jannah Universitas Potensi Utama
  • Alfa Saleh Universitas Potensi Utama
  • Juli Iriani Universitas Potensi Utama
  • Edy Victor Haryanto Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.36774/sisiti.v11i1.966

Abstract

Haritsa Babyshop merupakan suatan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan perlengkapan bayi. Setiap harinya Haritsa Babyshop menerima beberapa transaksi penjualan perlengkapan bayi dan dalam satu hari data penjualan yang tercatat sebanyak ratusan penjualan yang cukup pesat. Data transaksi penjualan akan terus bertambah setiap harinya sehingga sering terjadi penumpukan barang perlengkapan bayi di gudang. Semakin banyak data transaksi yang tersimpan menyebabkan penyimpanan data yang sangat besar. Biasanya data-data transaksi penjualan perlengkapan bayi tersebut hanya digunakan sebagai arsip dan tidak diketahui apa manfaat dari data tersebut untuk selanjutnya. Di dalam kumpulan data yang sangat besar tersebut, memiliki informasi- informasi yang tersembunyi. Kumpulan data tersebut bisa diolah untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat yang bisa digunakan untuk pengambilan suatu keputusan dan untuk memperoleh pengetahuan. Dari data penjualan tersebut akan dilihat dan dicari keterikatan antara item produk satu dengan produk lainnya yang akhirnya dapat diketahui jenis produk atau barang yang sering dibeli oleh konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-24

Issue

Section

Articles