Perancangan Aplikasi Virtual Reality 3D Pada Periklanan Perumahan Berbasis Android
Abstract
Saat ini perumahan yang kami teliti masih menggunakan media promosi konvensional yaitu berupa brosur, pamflet dan koran, dimana telah banyak kompetitor yang lain juga menggunakan promosi yang sama. Maka dari itu pemilihan media promosi yang deferensiasi yang tepat merupakan sebuah strategi yang diharapkan mampu meraih pangsa pasar dalam dunia usaha tersebut. Untuk itu dibuatlah sebuah video promosi yang berbentuk virtual reality, dimana informasi yang disajikan berupa contoh rancang bangun rumah dengan model 3 dimensi. Guna menghadapi persaingan pasar dan sekaligus menarik para konsumen, makanya peneliti merancang sebuah aplikasi aplikasi virtual reality 3D pada periklanan perumahan berbasis android yang nantinya calon pembeli dapat berinteraksi dengan melihat gambaran real dari rumah yang ditawarkan mulai dari eksterior dan interior. Untuk menampilkan video promosi tersebut, calon pembeli dapat menginstal aplikasi yang telah disediakan dan tinggal melakukan scan pada qrcode yang sudah ada pada brosur. Dari hasil pengujian aplikasi, maka didapatkan bahwa setiap komponen dari aplikasi dapat berjalan secara fungsional sesuai dengan sistem yang dibuat. Semua hasil tersebut dibuktikan dengan adanya tabel pengujian aplikasiDownloads
References
Gianty, T, 2012,†Black Box Testing and Implementationâ€, Smart Book, Singapore.
Hengky W. Pramana. 2012. â€Aplikasi Inventory Berbasis Access.â€, Yuhefizar, Jakarta
Hendra Nugraha Lengkong, Alicia A.E. Sinsuw dan Arie S.M Lumenta, 2015 “Perancangan Petunjuk Rute pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS berbasis Android yang Terintegrasi pada Google Maps†E-journal Teknik Elektro dan Komputer.
Hermawan S.(2011).â€Mudah Membuat Aplikasi Androidâ€. Andi Offset: Yogyakarta.
Martin Fowler, 2009.â€UML Distilled Panduan Singkat Bahasa Pemodelan Objek Standar “.Andi. Yogyakarta.
Munawar. 2005. “Pemodelan Visual dengan UMLâ€, Graha ilmu, Yogyakarta.
Sukamto dan Shalahuddin. 2013. â€Rekayasa Perangkat Lunak RA.â€, Informatika, Bandung.
Swastha, basu. 2002. “Manajemen Pemasaranâ€. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan, Liberty, Jakarta.
Yudi Nugraha Bahar. 2014,â€Aplikasi Teknologi Virtual Reality Bagi Pelestarian Bangunan Arsitekturâ€. Depok: Jurnal Desain Konstruksi.