Visualisasi Gedung Laboratorium Stmik Kharisma Berbasis Augmented Reality
DOI:
https://doi.org/10.36774/sisiti.v6i1.139Abstract
Tujuan dari penelitian yaitu menampilkan visualisasi gedung A dari STMIK Kharisma berbasis Augmented Reality yang menarik dan interaktif. Â Karena selama ini yang ada hanya sebatas untuk melihat gedung pada tampilan luar dan tidak menampilkan bagian dalam secara terinci. Adapun prosedur kerjanya yaitu Kamera mencari marker, kemudian marker yang dideteksi lalu diubah menjadi binary, kemudian marker terdeteksi oleh kamera. Kamera menemukan posisi marker 3D dan dikalkulasikan dengan kamera nyata. Kamera mengidentifikasi marker, apakah pola marker sesuai dengan templates memory. Dengan mentranformasikan posisi marker. Objek 3D di rendet di atas marker. Metode pengujian yang digunakan adalah metode blackbox dan aplikasi yang digunakan adalah 3Dmax 2012, ARToolkit, visual basic 6,0. Serta output dari sistem ini meliputi visualisasi gedung A serta ruangan yang ada didalamnya. Dengan adanya visualisasi gedung STMIK Kharisma yang nantinya akan diterapkan pada situs resmi STMIK Kharisma, maka pengguna dapat melihat tampilan bagian luar gedung dan bagian dalam gedung terkhusus gedung A disertai fasilitas interaktif bagi pengguna pengguna yang akan memberi tampilan visualisasi yang lebih. Dari hasil uji penelitian di atas mengenai desain visualisasi 3D gedung STMIK Kharisma, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan desain visualisasi ini memberikan alternatif lain untuk promosi perguruan tinggi STMIK Kharisma yang lebih interaktif dan menarik minat.Downloads
References
Andriyadi, Anggi, “Augmented Reality With ARToolkitâ€, Augmented Reality Team, Bandar Lampung. 2011
A.S, Rosa, M.Shalahuddin, â€Rekayasa perangkat lunak (terstruktur dan berorientasi objek)â€, Modula,Bandung. 2011
Pressman, Roger, “Rekayasa perangkat lunakâ€, Andi, Yogyakarta. 1997
Simarmata,Janner,“Rekayasa perangkat lunakâ€, Andi, Yogyakarta. 2010
Suhendar,A, Hariman Gunadi,â€Visual modeling menggunakan uml dan rational roseâ€, Penerbit Informatika Bandung,Bandung. 2002
Soma, Aria, Hari, “Dasar-Dasar Modeling dan Animasi dengan 3ds Maxâ€, PT.Elxe Komputindo, Jakarta. 2007
Murni,Sitti, Marini Pathibang, “Virtualisasi Interaktif 3D Gedung Menggunakan Script Virtual Reality Modelling Languangeâ€, STMIK Kharisma, Makassar. 2012
Praharsi, Yugowati, Juni, â€Visualisasi 3D (tiga dimensi) sebagai cognitive tool dalam pembelajaran sistem persamaan linierâ€.journal.volume 1,http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/1305/1063, 30 Desember 2013. 2005