Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality dalam Aplikasi Pengenalan Hewan untuk Anak Usia Dini berbasis Android

Authors

  • Alders - Paliling
  • Wahyudi - Rusdi
  • Novita Sambo Layuk

Abstract

Pengembangan aplikasi yang memanfaatkan Teknologi Augmented Reality kian pesat, baik untuk aplikasi katalog penjualan, aplikasi permainan, aplikasi media pembelajaran, aplikasi simulator, dan aplikasi lainnya. Augmented reality merupakan teknologi yang mampu memproyeksikan objek 3 dimensi ataupun 2 dimensi kedalam  dunia nyata. Pada penelitian ini, aplikasi yang dibangun bertujuan untuk mengenalkan hewan-hewan kepada anak usia dini. Aplikasi yang dibangun merjalan pada perangkat smartphone berbasis android, dimana aplikasi akan menampilkan objek 3 dimensi hewan ketika kamera berhasil menangkap gambar marker.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arusoaie, A., Ionut, A.¸ Cristei., Chircu, C ., Andrei Livadariu, M., Mane, V., Adrian., 2010, Augmented Reality, 12th International Symposium on Symbolic and Numeric Algorithms for Scientific Computing, 2010

Wagner, D., Barakonyi, I., Augmented Reality Kanji Learning, Proceedings of the Second IEEE and ACM International Symposium on Mixed and Augmented Reality (ISMAR ’03), 2003

Miyashita ,T., Meier, P.,Tachikawa, T.,Orlic, S., Eble, E ., Scholz, V., Gapel,A., An Augmented Reality Museum Guide, IEEE International Symposium on Mixed and Augmented Reality 2008, Cambridge, UK

Eka Ardhianto, Wiwien Hadikurniawati, Edy Winarno., Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender, Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK vol 17, no.2., 2012

Nova Medyanthi Thesaurir,Ravi Ahmad Salim., Pembuatan Augmented Reality Kampus H Universitas Gunadarma Dengan Menggunakan Artoolkit, Fakultas Teknologi Industri - Jurusan Teknik Informatika Universitas Gunadarma

Published

2019-08-16

Issue

Section

Articles