Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan

Authors

  • Hasyrif - -
  • Rismayani - -
  • Novita Sambo Layuk

DOI:

https://doi.org/10.36774/sisiti.v6i1.153

Abstract

Penjualan merupakan salah satu bidang bisnis yang banyak digeluti masyarakat, bahkan bisnis penjualan produk akhir akhir ini meningkat pesat dengan terjadinya peningkatan teknologi komunikasi khususnya terkait sosial media, aspek yang penting dalam penjualan salah satunya adalah terkait histori transaksi penjualan, semakin besar skala penjualan semakin banyak pula transaksi yang terjadi. Record transaksi penjualan yang besar selain bisa digunakan untuk menghitung untung rugi, data ini juga bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Perancangan aplikasi dibuat dengan menggunakan model waterfall, dalam tahap ini dibagi menjadi enam tahapan yaitu system engineering, design, code, testing dan maintenance. Tulisan ini dibuat dengan tujuan memberikan gambaran tentang penggunaan algoritma apriori untuk analisa transaksi penjualan khususnya terkait dengan kecenderungan dibelinya suatu barang terhadap barang lain.Output penelitian berupa aplikasi data mining menggunakan algoritma apriori dalam penentuan itemset dan aturan asosiasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pressman, Roger S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak – Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: Andi.

Jogiyanto. 2008. Analisis Dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis

Ranjan, J., 2007, Application of Data Mining Technique in Pharmaceutical Industry, Journal

of Theoritical and Applied Information Technology, Vol 3, hal 61 – 67.

Kusrini, 2007, Penerapan Algoritma Apriori pada Data Mining untuk Mengelompokkan

Barang Berdasarkan Kecenderungan Kemunculan Bersama dalam Satu Transaksi,

http://dosen.amikom.ac.id/.../Publikasi%20Apriori-Kusrini_Feb-13_.pdf, diakses 20 Juli

Downloads

Published

2019-08-16

Issue

Section

Articles