Perancangan Aplikasi Pengajaran Bahasa Inggris Dengan Pemanfaatan Augmented Reality Berbasis Web
DOI:
https://doi.org/10.36774/sisiti.v14i2.1761Abstract
Media belajar berbasis buku teks membuat suasana pembelajaran menjadi kurang menarik bagi siswa. Hal ini menyebabkan transfer pengetahuan menjadi terhambat. Kemajuan teknologi informasi telah merambah dunia pendidikan sehingga banyak sekolah telah menerapkan teknologi informasi sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar seperti penggunaan animasi visual diantaranya teknologi augmented reality. Aplikasi pembelajaran bahasa inggris berbasis teknologi augmented reality menjadi solusi untuk menarik minat anak SD[1]. Aplikasi ini memiliki 2 fitur utama yaitu pembelajaran dan quiz. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi media pembelajaran interaktif menggunakan teknologi augmented reality yang dapat membantu siswa sekolah dasar kelas 5 dan 6 dalam memahami pelajaran bahasa inggris. Penelitian ini menggunakan metode perancangan waterfall, dimana alur penelitian akan mengikuti tahap berurutan yang ada di waterfall. Dengan aplikasi tenses ini para peserta didik lebih mudah memahami tentang materi tenses ini dan mempermudah mengingat macam-macam struktur-struktur tenses serta mengetahui kemampuan peserta didik dengan adanya menu latihan soal dalam aplikasi tenses tersebut.[2] Kata kunci : augmented reality, bahasa inggris, media pembelajaran, struktur tenses