Pengaruh Viral Marketing Dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kuliner
DOI:
https://doi.org/10.36774/sisiti.v14i2.1757Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi bagaimana pengaruh Viral Marketing dan Pengalaman Pengguna terhadap Keputusan Pembelian Produk Kuliner. Desain penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik sampling menggunakan Accidental dengan jumlah responden sebanyak 100. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner melalui google foam dengan identifikasi bahwa responden memiliki media social seperti Instagram dan TikTok. Teknik yang diterapkan dalam analisis data yaitu uji asumsi klasi, regresi linier berganda, uji R2, uji F. Pengujian dilakukan secara parsial maupun simultan. Olah data diperoleh bahwa kondisi ini memberikan signifikansi yang besar dan berdampak positif pada variabel Viral Marketing, walau variabel Pengalaman Pengguna mendapat nilai negative pada pengujian. Hasil uji mengidentifikasi bahwa Viral Marketing berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk kuliner secara positif, sedangkan pengalaman pengguna memperoleh nilai negative sehingga dinyatakan bahwa Pengalaman Pengguna tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Kuliner. Secara simultan diperoleh nilai positif dan sesuai dengan standar uji, sehingga dinyatakan bahwa secara bersama sama kedua variabel bebas berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian produk kuliner.
Kata Kunci — Viral Marketing, Pengalaman Pengguna, Keputusan Pembelian.