Analisis Kepuasan Mahasiswa ITH Terhadap SIAKAD Dengan Metode EUCS
DOI:
https://doi.org/10.36774/sisiti.v14i2.1752Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong transformasi digital di sektor pendidikan, salah satunya melalui Sistem Informasi Akademik (SIAKAD). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan mahasiswa Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (ITH) terhadap SIAKAD menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan pendekatan kuantitatif. Lima dimensi EUCS yang dievaluasi meliputi Content, Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeliness. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 113 responden mahasiswa aktif angkatan 2022–2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, mahasiswa cukup puas dengan SIAKAD ITH, dengan dimensi Content memperoleh skor tertinggi (mean 3.52) dan Timeliness terendah (mean 2.92). Temuan kritis mengungkap ketidakpuasan pada ketepatan waktu pembaruan informasi (Timeliness) serta kesulitan navigasi (Format). Penelitian ini merekomendasikan peningkatan real-time update informasi dan penyederhanaan antarmuka untuk optimasi sistem. Hasil evaluasi dapat menjadi acuan pengembangan SIAKAD ITH dan referensi bagi penelitian serupa di perguruan tinggi lainnya.