Pengembangan Aplikasi Pameran Virtual Berbasis Virtual Reality Menggunakan Unity
DOI:
https://doi.org/10.36774/sisiti.v14i2.1750Abstract
Pameran seni lukis memiliki peran penting dalam memperkenalkan karya kepada publik dan mampu meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni lukis. Namun terdapat keterbatasan aksesibiltas terutama bagi penyandang disabilitas dan terkadang kondisi ruangan pameran yang sempit berisiko karya seni rusak karena tergores atau tersenggol oleh pengunjung, ini menjadi tantangan bagi penyelenggara pameran seni konvensional. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengembangkan aplikasi pameran virtual berbasis Virtual Reality menggunakan unity, yang memungkinkan pengguna menjelajahi galeri seni secara digital dengan pengalaman yang lebih interaktif. Pengembangan aplikasi dilakukan dengan merancang model 3D menggunakan SketchUp, memberi tekstur dengan photosop, dan mengintegrasikan ke unity untuk menciptakan pameran seni berbasis virtual reality. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan berhasil menghadirkan pengalaman interaktif dalam menjelajahi galeri seni virtual, memungkinkan pengguna menikmati karya seni tanpa dibatasi oleh lokasi, waktu, ataupun biaya. Secara khusus, aplikasi ini memfasilitasi penyandang disabilitas untuk menikmati pameran seni secara eksklusif. Aplikasi ini diharapkan menjadi solusi inovatif dalam pelestarian seni dan budaya serta memperluas jangkauan edukasi seni bagi masyarakat.