Deteksi Anomali pada Rasio Jam Belajar dan Aktivitas Sosial terhadapPerforma Akademis Mahasiswa menggunakan Metode Local Outlier Factor (LOF)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeteksi anomali atau outlierpada data rasio jam belajar dan aktivitas sosial mahasiswa (Rasio_Study_Social) dihubungkan dengan performa akademis atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa menggunakan metode Local Outlier Factor (LOF). Datasetyang digunakan terdiri dari 2000 data mahasiswa dengan atribut utama meliputi jam belajar per hari, jam aktivitas sosial per hari, dan IPK. Hasil analisis menunjukkan bahwa LOF berhasil mengidentifikasi 118anomali (5,9% dari total data). DataAnomali tersebut terdiri dari mahasiswa dengan Rasio_Study_Social > 1 sebanyak 109 mahasiswa dan mahasiswa dengan Rasio_Study_Social < 1 sebanyak 9 mahasiswa, serta 75 mahasiswa memiliki IPK ≥ 3,00 dan 43 mahasiswa memilikiIPK < 3,00. Umumnya Data anomali ini menunjukkan pola aktivitas yang tidak lazim, seperti jam belajar tinggi dengan IPK rendah atau sebaliknya. Diharapkan temuan ini dapat memberikan wawasan untuk mendukung pengambilan keputusan bagi institusi pendidikan.
Kata kunci : anomali, indeks prestasi kumulatif, local outlier factor, jam belajar, aktivitas sosial.
Kata kunci : anomali, indeks prestasi kumulatif, local outlier factor, jam belajar, aktivitas sosial.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
Section
Articles