Public Sentiment Analysis of President and Vice President Candidates in Indonesia in 2024 Via Social Media Platform X

Main Article Content

Herman Heriadi Asrul Syam Risnayanti A Djamro Marsa Marsa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen publik terhadap calon presiden dan calon wakil presiden di Indonesia pada tahun 2024. Melalui pengumpulan dan analisis data dari platform media sosial X, penelitian ini merinci pandangan dan perasaan masyarakat terhadap kandidat potensial. Metode analisis sentimen menggunakan naïve bayes untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi opini positif, negatif, dan netral yang terkait dengan setiap calon. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam tentang preferensi publik dan potensi isu-isu yang mungkin memengaruhi pemilihan presiden pada tahun 2024 di Indonesia
Kata kunci: Machine Learning, Analisis Sentimen, Calon Presiden, Calon Wakil Presiden, Media Sosial X.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles