Desain dan Analisis Implementasi Aplikasi Berbasis Costumer Relationship Management Pada PT. Kareba Intermedia Makassar

Authors

  • Baizul Zaman
  • Sri - Wahyuni

DOI:

https://doi.org/10.36774/sisiti.v6i1.148

Abstract

Dalam proses bisnisnya, PT. Kareba Intermedia Makassar masih menggunakan cara-cara yang konvensional dalam mengelola data pelangganya. Sehingga, perusahaan ini kesulitan untuk mengidentifikasi pelangganya. Padahal, dalam dunia bisnis, pelanggan merupakan kunci keberhasilan suatu perusahaan. Untuk itu maka perusahaan harus bisa menjaga hubungan dengan pelanggan. Salah satu cara untuk membina hubungan dengan pelanggan adalah dengan diterapkannya strategi CRM (Customer relationship Management). Dalam penelitian ini, akan dibangun sebuah aplikasi desktop berbasis CRM untuk menggantikan sistem konvensional yang digunakan sebelumnya. Pemanfaatan aplikasi desktop ini dititikberatkan pada pengelolaan data-data pelanggan yang melakukan hubungan bisnis dengan perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi desktop dalam mengelola data-data pelanggan dapat memudahkan pihak perusahaan untuk memetakan dan menganalisis data pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H.M., Jogiyanto. 2001. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Edisi Kedua Cetakan Kedua, Andi Offset, Yogyakarta

Adi Nugroho. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP (Unified Software Development Process). Yogyakarta: Andi Offset..

A.S Rosa dan Salahuddin M, 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Modula, Bandung.

Salim, Emil and Arafiah, Toto. 2010. Sistem Informasi Manajemen Pembelian, Penjualan, Dan Persediaan Barang Pada PT Surya Agung Abadi Palembang. STMIK GI MDP

Raymand Mclead.JR. 1995. Sistem Informasi Manajemen. PT Bhuana Ilmu Populer, Jakarta.

Downloads

Published

2019-08-16

Issue

Section

Articles