Analisis Evaluasi Kredit Titip Gadai Pada PT. Pengadaian Cabang Daya Makassar

Main Article Content

Khadafi Khadafi

Abstract


Pegadaian merupakan salah-satunya perusahaan yang bergerak di bidang gadai saat ini. Badan usaha ini berbentuk Perusahaan Umum sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Peraturan Pemerintah Nomor 10 tahun 1990. Usaha PT. Pengadaian adalah terutama pada Pemberian Kredit gadai pada masyarakat dengan prosedur yang sederhana dan cepat, ditambah dengan usaha lain yang masih erat kaitannya dengan usaha gadai yaitu jasa taksiran, jasa titipan, jasa sertifikasi perhiasan, unit toko emas.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kredit macet perlu ditanggulangi secara serius agar fungsi intermediasi perusahaan dapat optimum kembali. Penanggulangan kredit macet juga akan berdampak positif bagi tingkat kecukupan modal, karena beban pencadangan modal menjadi lebih ringan. Jadi pembenahan kredit macet masih merupakan kunci restrukturisasi perusahaan. Dari uraian yang tertera pada latar belakang tersebut dapat dilihat dan ditarik suatu masalahnya yang menyebabkan adanya Resiko Pemberian Kredit : Masih terdapat nasabah yang tidak mampu memenuhi segala kewajibannya kepada perusahaan dan Masih ada dari pihak Pegadaian yang kurang melakukan evaluasi untuk melihat sejauh mana nasabah-nasabah yang tidak melakukan pelunasan kreditnya.
Metode penelitian Dalam penelitian ini digunakan metode Deskriptif yaitu metode yang digunakan untuk mengetahui dan menggambarkan nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independent) secara sistematis, akurat dan faktual tentang fakta, sifat dan adat atau kebiasaan serta hubungan antara masalah yang diselidiki tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan antara varibel satu dengan yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles