e-Jurnal JUSITI (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi) https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/jusiti <p><strong>Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (JUSITI)</strong> adalah jurnal berkala yang berfokus pada publikasi karya ilmiah berkualitas tinggi hasil penelitian, pengembangan, dan studi pustaka di bidang Sistem dan Teknologi Informasi serta aplikasinya. JUSITI bertujuan untuk menjadi wadah bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi untuk berbagi pengetahuan dan inovasi terbaru dalam disiplin ilmu ini.</p> <p>JUSITI diterbitkan dalam dua format: cetak dengan <a title="ISSN JUSITI" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1332907066">ISSN 2252-6102</a> dan elektronik dengan <a title="e-ISSN JUSITI" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1382767914">ISSN 2354-6972</a>, memastikan aksesibilitas yang luas bagi pembaca di seluruh dunia.</p> <p><strong>Frekuensi Terbit</strong>: JUSITI terbit dua kali setahun, pada bulan April dan Oktober, dengan setiap edisi menyajikan artikel-artikel yang telah melalui proses peer-review yang ketat untuk menjamin kualitas dan keaslian konten.</p> <p>Dengan komitmen untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, JUSITI mengundang kontribusi dari berbagai pihak untuk memperkaya khazanah penelitian di bidang ini.</p> en-US jusiti@undipa.ac.id (Dr. Eng. Wilem Musu, S.Kom., M.T.) Wed, 29 Oct 2025 21:01:54 +0800 OJS 3.2.1.5 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Aplikasi Inventory Adaptif untuk Prediksi Stok dengan Pendekatan Trend Least Squares https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/jusiti/article/view/1997 <div><em><span lang="EN-US">Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) seperti Kedai Sarjana menghadapi permasalahan dalam pengelolaan stok bahan baku akibat belum adanya sistem pencatatan dan analisis stok yang terintegrasi. Kondisi ini menyebabkan kesulitan dalam memprediksi kebutuhan bahan baku, sehingga sering terjadi kelebihan atau kekurangan persediaan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi inventory berbasis web untuk pencatatan dan prediksi stok secara otomatis menggunakan metode Trend Least Squares. Data yang digunakan berupa penjualan minuman Januari–Mei 2024 dengan total 2.567 cup Milk Series dan 2.605 cup Ice Blend. Aplikasi dibangun menggunakan PHP dan JavaScript dengan MySQL sebagai basis data, serta diuji menggunakan Black Box Testing. Hasil pengujian menunjukkan semua fitur aplikasi berjalan sesuai fungsinya, termasuk pencatatan stok, laporan penjualan, dan prediksi kebutuhan bahan baku. Berdasarkan perhitungan metode Trend Least Squares terhadap produk Green Tea, diperoleh persamaan tren Y = 97,4 + 5,8X dengan hasil prediksi untuk bulan Juni 2024 sebesar 108 cup, mendekati rata-rata penjualan aktual sebesar 97,4 cup dengan tingkat kesalahan MAPE sebesar 6,1%, yang menunjukkan akurasi prediksi sangat baik. Implementasi aplikasi ini terbukti membantu manajemen Kedai Sarjana dalam merencanakan pembelian bahan baku secara lebih efisien, menurunkan risiko kekurangan stok, serta meningkatkan efektivitas operasional usaha.</span></em></div> Muhammad Nur Tahir, Andi Muhammad Rivaldi Kadir, Fatmasari Fatmasari, Suryani Suryani Copyright (c) 2025 Muhammad Nur Tahir, Andi Muhammad Rivaldi Kadir, Fatmasari Fatmasari, Suryani Suryani https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/jusiti/article/view/1997 Wed, 29 Oct 2025 00:00:00 +0800 Perancangan Aplikasi Edukasi Rambu Lalu Lintas untuk Usia Dini dengan Metode MDLC https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/jusiti/article/view/1759 <p style="font-weight: 400;"><em>Keselamatan berlalu lintas penting dikenalkan sejak usia dini untuk membentuk pemahaman anak terhadap rambu dan aturan berkendara. Sayangnya, metode edukasi konvensional seperti sosialisasi langsung oleh instansi terkait masih memiliki keterbatasan waktu dan tidak menjamin retensi jangka panjang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan merancang aplikasi edukasi rambu lalu lintas dan aturan berkendara untuk anak usia 6–9 tahun menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Aplikasi ini dikembangkan menggunakan Flutter, serta dilengkapi fitur pengenalan rambu, video animasi edukatif, materi berkendara, dan kuis interaktif. Proses pengembangan melalui enam tahap MDLC: konsep, desain, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian, dan distribusi. Evaluasi dilakukan dengan pengujian black box dan kuesioner terhadap 10 orang tua murid, yang menghasilkan skor kepuasan 95,6% (kategori “Sangat Baik”). Selain itu, uji coba pada 10 siswa menunjukkan rata-rata peningkatan nilai sebesar 44 poin atau 88% setelah menggunakan aplikasi. Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi efektif sebagai media pembelajaran yang menarik dan mudah digunakan oleh anak-anak. Penelitian ini merekomendasikan uji jangka panjang dan pengembangan fitur tambahan untuk meningkatkan dampak edukatif aplikasi secara berkelanjutan</em><em>. </em></p> Manda Dwi Adinda, Missi Hikmatyar, Shinta Siti Sundari Copyright (c) 2025 Manda Dwi Adinda, Missi Hikmatyar, Shinta Siti Sundari https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejurnal.undipa.ac.id/index.php/jusiti/article/view/1759 Wed, 29 Oct 2025 00:00:00 +0800