Perancangan Aplikasi Edukasi Rambu Lalu Lintas untuk Usia Dini dengan Metode MDLC
DOI:
https://doi.org/10.36774/jusiti.v14i2.1759Keywords:
Edukasi anak, Lalu lintas, Aplikasi Android, MDLC, RambuAbstract
Keselamatan berlalu lintas penting dikenalkan sejak usia dini untuk membentuk pemahaman anak terhadap rambu dan aturan berkendara. Sayangnya, metode edukasi konvensional seperti sosialisasi langsung oleh instansi terkait masih memiliki keterbatasan waktu dan tidak menjamin retensi jangka panjang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan merancang aplikasi edukasi rambu lalu lintas dan aturan berkendara untuk anak usia 6–9 tahun menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Aplikasi ini dikembangkan menggunakan Flutter, serta dilengkapi fitur pengenalan rambu, video animasi edukatif, materi berkendara, dan kuis interaktif. Proses pengembangan melalui enam tahap MDLC: konsep, desain, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian, dan distribusi. Evaluasi dilakukan dengan pengujian black box dan kuesioner terhadap 10 orang tua murid, yang menghasilkan skor kepuasan 95,6% (kategori “Sangat Baik”). Selain itu, uji coba pada 10 siswa menunjukkan rata-rata peningkatan nilai sebesar 44 poin atau 88% setelah menggunakan aplikasi. Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi efektif sebagai media pembelajaran yang menarik dan mudah digunakan oleh anak-anak. Penelitian ini merekomendasikan uji jangka panjang dan pengembangan fitur tambahan untuk meningkatkan dampak edukatif aplikasi secara berkelanjutan.
Downloads
References
S. Sofiana, A. Limanov Lubis, And G. Triantoro Guntur, "Prosiding Seminar Nasional Informatika Dan Sistem Informatika Aplikasi Edukasi Rambu Lalu Lintas Berbasis Android Traffic Signs Educational Applications Based On Android," 2021.
D. Setiawan Martin, A. Aha Pekuwali, And T. N. Sari Dewi B Mira, "Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Pengenalan Rambu Lalu Lintas Berbasis Android Interactive Learning Multimedia Applications Introduction To Traffic Signs Android Based," 2024. [Online]. Available: Https://Ojs.Unkriswina.Ac.Id/Index.Php/Semnas-Fst
M. N. Irpansyah, "Aplikasi Pembelajaran Aturan Lalu Lintas Berbasis Android," Http://Eprints.Uniska-Bjm.Ac.Id/Id/Eprint/429, 2020.
A. Rahmawati And J. Nasir, "Designing An Educational Game For Introducing Traffic Signs In State 27 Kinali Primary School Children Based On Android Perancangan Game Edukasi Untuk Pengenalan Rambu Lalu Lintas Pada Anak Sekolah Dasar Negeri 27 Kinali Berbasis Android," Journal Of Scientech Research And Development, Vol. 5, No. 2, 2023, [Online]. Available: Https://Idm.Or.Id/Jscr/In
R. Putra, A. Erlansari, And D. Andreswari, "Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Media Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Marker Based (Studi Kasus‚ÄØ: Tk Kemala Bhayangkari Kota Bengkulu)," 2020. [Online]. Available: Http://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Rekursif/71
R. N. Wahyudi, D. W. Widodo, And J. Sulaksono, "Rancangan Game Edukasi Pengenalan Rambu Lalu Lintas Pada Anak Usia 9 Sampai 12 Tahun," 2024.
E. L. Amalia, M. S. Khairy, F. Ulfa, D. S. Charlinawati, C. P. Dewi, And E. Pristiyaningrum, "Game Edukasi Lalu Lintas Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pemahaman Rambu Lalu Lintas," 2020.
R. Rahmawati, S. Fataky, And W. T. Pangestu, "Pengenalan Rambu Lalu Lintas Sebagai Sarana Pembelajaran Bagi Anak Sekolah Sdn 2 Kesek Menggunakan Media Pembelajaran Miniatur Kardus," Nuris Journal Of Education And Islamic Studies, Vol. 2, No. 2, Pp. 86-93, Apr. 2022, Doi: 10.52620/Jeis.V2i2.25.
E. P. Raharjo Et Al., "Media Pembelajaran 'Ulta-Termanvi' Pada Sosialisasi Tertib Berlalu-Lintas Anak Sekolah Dasar," 2022.
P. Ikhsan Jatinugroho And I. V Paputungan, "Perancangan Antarmuka Pada Aplikasi Edukasi Lalu Lintas (Edulin)," 2022.
M. Irawan And Z. Arwananing Tyas, "Desain Asset Game Android Komodo Isle Berbasis 2 Dimensi," 2024.
A. R. Dikananda, O. Nurdiawan, And H. Subandi, "Augmented Reality Dalam Mendeteksi Produk Rotan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (Mdlc)," 2021, [Online]. Available: Http://Ejournal.Ust.Ac.Id/Index.Php/Jurnal_Means/
R. Nurcholis, A. I. Purnamasari, A. R. Dikananda, O. Nurdiawan, And S. Anwar, "Game Edukasi Pengenalan Huruf Hiragana Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Jepang," Building Of Informatics, Technology And Science (Bits), Vol. 3, No. 3, Pp. 338-345, Dec. 2021, Doi: 10.47065/Bits.V3i3.1091.
R. Roedavan, B. P., And A. Sujana, Multimedia Development Life Cycle (Mdlc). 2022. Doi: 10.13140/Rg.2.2.16273.92006.
D. Septian, Y. Fatman, S. Nur, U. Islam, And N. Bandung, "Implementasi Mdlc (Multimedia Development Life Cycle) Dalam Pembuatan Multimedia Pembelajaran Kitab Safinah Sunda," Jurnal Computech & Bisnis, Vol. 15, No. 1, Pp. 15-24, 2021.
D. Y. Pramesti And R. W. Arifin, "Metode Multimedia Development Life Cycle Pada Media Pembelajaran Pengenalan Perangkat Komputer Bagi Siswa Sekolah Dasar," 2020. [Online]. Available: Http://Ejurnal.Ubharajaya.Ac.Id/Index.Php/Jsrcs.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Manda Dwi Adinda, Missi Hikmatyar, Shinta Siti Sundari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
						








