PEMANFAATAN DIGITAL BRANDING DAN PENGADAAN PERALATAN UNTUK PENGEMBANGAN IRT KERAJINAN KAYU UKIR DI DESA KENDERAN TEGALLALANG

Main Article Content

Shofwan Hanief I Made Dwi Darma Artanaya Putu Tjintia Kencana Dewi Ahmad Fahreza Zain Ni Made Dhea Angelika Ariadi

Abstract

Kerajinan ukiran kayu merupakan salah satu seni budaya yang masih ditekuni oleh Masyarakat Bali, khususnya di Kabupaten Gianyar. Salah satu sentra kerajinan ukiran kayu terdapat di Desa Kenderan, Kecamatan Tegallalang yang dikelola oleh Kelompok Industri Rumah Tangga (IRT) Ukiran Kayu Dewa Manuaba. Permasalahan yang dihadapi IRT tersebut adalah minimnya sarana prasarana penunjang produksi serta belum adanya branding di dunia digital untuk pemasaran dan promosi secara optimal. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu meningkatkan kapasitas produksi IRT Ukiran Kayu Dewa Manuaba melalui pengadaan peralatan seperti kompresor, mesin amplas, kuas dan cat, serta membangun branding digital dengan optimasi media sosial Instagram dan pembuatan web profil. Metode yang diterapkan meliputi sosialisasi kegiatan, pengadaan barang, pelatihan pemanfaatan media sosial, pendampingan, serta evaluasi. Kegiatan telah berlangsung dengan baik dan telah dilakukan penyerahan barang berupa kompresor, mesin amplas, kuas, dan cat, serta pelatihan pengenalan media sosial Instagram. Hasil yang dicapai adalah peningkatan kapasitas produksi dan inovasi produk IRT serta pemahaman pentingnya digital marketing. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan perluasan pangsa pasar IRT Ukiran Kayu Dewa Manuaba.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles