Analisis Strategi Pemasaran Digital Dalam Memperluas Jangkauan Pemasaran Produk Toko Algifari Dengan Menggunakan K-Means

Authors

  • Anugra Anugra ProgramStudi Sistem Informasi Universitas Dipa Makassar
  • Syiar Al Tarif Program Studi Sistem Informasi Universitas Dipa Makassar
  • Muh. Syahlan Natsir Universitas Dipa Makassar
  • Risnayanti Andi Djamro Universitas Dipa Makassar

DOI:

https://doi.org/10.36774/dipakomsi.v18i1.1741

Keywords:

Strategi Pemasaran, Pemasaran Digital, Clustering K-means, RapidMiner

Abstract

Dalam era digital yang kompetitif, strategi pemasaran digital menjadi faktor utama dalam meningkatkan daya saing bisnis. Toko Algifari masih mengandalkan pemasaran tradisional dengan jangkauan terbatas dan tanpa pengelompokan data pelanggan. Memberikan rekomendasi strategi pemasaran digital yang tepat berdasarkan analisis pengelompokan K-means untuk memahami perilaku pembeli di suatu wilayah terhadap produk Toko Algifari. Data transaksi selama tiga bulan terakhir dianalisis menggunakan K-Means Clustering melalui RapidMiner, dengan jumlah kluster yang ditentukan sebanyak empat. Proses ini bertujuan mengidentifikasi pola belanja pelanggan guna menyesuaikan strategi pemasaran. Hasil analisis mengidentifikasi empat kluster utama pelanggan berdasarkan pola belanja dan lokasi, dengan kluster transaksi tertinggi menunjukkan kecenderungan pembelian produk tertentu dari wilayah geografis spesifik. Ditemukan korelasi antara lokasi pelanggan dan jumlah transaksi, di mana wilayah dengan akses mudah ke marketplace cenderung memiliki volume transaksi lebih tinggi, serta pelanggan yang sering membeli produk tertentu cenderung membeli produk tambahan dari kategori yang sama. Temuan ini mendukung efektivitas clustering dalam segmentasi pelanggan, membantu PELAKU USAHA mengoptimalkan pemasaran digital melalui promosi yang lebih spesifik. Penerapan algoritma K-Means terbukti efektif dalam membantu memahami pola belanja pelanggan dan meningkatkan jangkauan pemasaran digital. Kombinasi penggunaan marketplace dan media sosial menjadi strategi optimal dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan dan daya saing bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-08-29