Analisis Perbandingan Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pengguna Aplikasi Transportasi Di Lingkungan Universitas Dipa Makassar

Authors

  • Muhammad Hilal Hamdi Jalaluddin UNIVERSITAS DIPA MAKASSAR
  • Sindi Amalia UNIVERSITAS DIPA MAKASSAR
  • Herlinda Herlinda UNIVERSITAS DIPA MAKASSAR
  • Magfirah Magfirah UNIVERSITAS DIPA MAKASSAR

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan, Metode Manova

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kualitas pelayanan, harga dan kepuasan pelanggan pada transportasi online Go-Ride, GrabBike dan Bike di lingkungan Universitas Dipa Makassar, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan membagikan kemahasiswa yang pernah menggunakan ketiga transportasi online, kepada 100 responeden. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah dengan uji MANOVA dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistik 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap pengguna layanan online Go-Ride, GrabBike dan Bike, hal ini membuktikan nilai Sig. 0,607 > 0,05. Hal ini berarti  diterima dan  ditolak. (2) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara harga terhadap pengguna layanan online Go-Ride, GrabBike dan Bike, hal ini membuktikan nilai Sig. 0,936 > 0,05. Hal ini berarti  diterima dan  di tolak. (3) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap pengguna layanan online Go-Ride, GrabBike dan Bike, hal ini membuktikan nilai Sig. 0,889 > 0,05. Hal ini berarti  diterima dan  di tolak.          

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-22